Gimmick Social Eksperiment demi Tenar

Saat ini ekosistem social media kita sudah mulai berubah.. Menurut aku Perubahan yang sangat terasa mencolok ada di youtube,musically dan TikTok. ya karena di platform ini banyak banget orang yang bikin konten tanpa aturan dan terkesan hanya mengambil momentum dari kejadian yang sangat menarik perhatian publik cuy ?.. 



Sebenarnya sebagai konten kreator kita seharusnya bijak dalam menggunakan social media. Mungkin temen-temen pembaca blog ini ada yang sempat merasakan ketika jaman-jaman belom ada internet ?. Nah aku masih sangat ingat di jaman itu tu kita kalau maen hanya kumpul di lapangan di desa atau kumpul di rumah salah satu teman kita?.  Akan tetapi saat ini dengan semakin mudahnya kita berkomunikasi, justru yang terjadi malah kita menjadi agak sulit untuk berkumpul. 

Social Eksperiment


makin kesini, banyak Social eksperiment yang menurut aku tak asuk akal ?. hmm apakah ini hanya sebagai tools untuk cepat terkenal ? atau gimana teman-teman menanggapi hal-ha yang semacam ini. 

menurut wikipedia : 
Eksperimen sosial adalah proyek penelitian yang dilakukan dengan subyek interaksi antar manusia di dunia nyata. Ini biasanya menyelidiki dampak dari intervensi kebijakan kepada individu, keluarga, bisnis, tingkat atau kelas, atau unit lain ke perlakuan yang berbeda serta kondisi terkendali yang mewakili status quo secara acak. Kualifikasi "sosial" membedakan kebijakan eksperimen dari percobaan "klinis", (untuk klinis, biasanya intervensi medis di dalam tubuh subjek, dan juga dari percobaan laboratorium, seperti fakultas psikologi universitas dapat melakukan kondisi terkendali sepenuhnya). Dalam eksperimen sosial, pengacakan untuk percobaan kepada responden adalah satu-satunya elemen di lingkungan subjek yang dikendalikan oleh peneliti. Semua elemen lainnya tetap seperti apa adanya.
Lalu apakah social eksperiment yang tengah tenar ini mempunyai latar belakang masalah dan metodologi penelitian yang jelas ?.. jika menurut kalian ini benar, kasih tau ya alasannya dengan komentar di bawah ini ?..  

tapi tunggu sebentar, jika menurut kalian ini salah kalian juga bisa memberikan alasan di bawah ini ?.. 

oh ya kalau kalian ingin berinteraksi dengan aku secara langsung 
kalian bisa mencari saya di : 

Blog           : http://www.dolan.my.id/
Souncloud: https://soundcloud.com/podcastakhirpekan
Instagram : https://www.instagram.com/simbahudin/
Googeplus: https://plus.google.com/u/1/+zainudinudin22
Twitter      : https://twitter.com/simbah_udin
Facebook  : https://wwtew.facebook.com/zeencraft/
Line           : Zeencraft

Sumber ide  : https://www.kaskus.co.id/thread/57a5920ec2cb178e398b4567/social-experiment--pembodohan-masal-atas-nama-sosial-yang-salah

Related Posts:

Dasar Reuploader and Youtuber angka


Saat ini youtube tengah berusaha untuk memberantas orang-orang berpotensi menjadi penebar kebencian,reuploader,pencari sensasi, dan penebar isi SARA. 

Dengan dikeluarkannya kebijakan yang baru ini banyak orang beranggapan kalau orang-orang yang seperti ini akan tumbang dengan sendirinya. 
namun apa yang terjadi, jika teman-teman memperhatikan sekarang ini banyak channel-channel baru yang tumbuh. channel-channel angka yang ngebahas tentang 10 penemuan teraneh atau apalah yang aku sendiri kurang paham tentanng manfaat dari konten-konten semacam ini. 

nah yang sedih adalah banyak sekali orang-orang yan gmenikmati konten yang semacam ini.
Okelah tidak masalah jika orang-orang yang ngebuat konten ini berani mempertanggung jawabkan atas kebenaran dari konten yang ia buat. 
Nah yang menjadi masalah adalah banyak juga yang membuat konten semacam ini dengan kategori yang menurut admin kurang bermanfaat gitu lho. 



kenapa sih sekarang ini disaat peraturan youtube makin menigkat, eh malah makin banyak bermunculan youtuber angka sialan.Kalau dipikir-pikir mereka kan juga banyak nyuri konten orang terus diedit tanpa ngasih kredit kepada si konten kreator?.. 

Trus apa bedanya dengan Reuploader

terus kalau begini gimana dong nasib konten kreator?.. 

yah hal ini cukup menyita perhatian publik sih men. yang mana ini juga berhasil membuat orang berkumpul untuk mengambili uang itu. 

nah inilah pendapatku mengenai hal ini?.. 

oh ya kalau kalian ingin berinteraksi dengan aku secara langsung 
kalian bisa mencari saya di : 

Blog           : http://www.dolan.my.id/
Souncloud: https://soundcloud.com/podcastakhirpekan
Instagram : https://www.instagram.com/simbahudin/
Googeplus: https://plus.google.com/u/1/+zainudinudin22
Twitter      : https://twitter.com/simbah_udin
Facebook  : https://www.facebook.com/zeencraft/
Line           : Zeencraft

Related Posts:

Review Film YowisBen



Cast Film Yowesben

Berbicara mengenai film,sebenarnya ada banyak Film, lokal ataupun mancanegara yang bagus-bagus. Akan tetapi kali ini aku kepengen sediki ngebahas seputar salah satu film daerah yang di buat oleh Bayu Skak.Seorang youtuber asal malang yang sudah mempunyai fanatik fans yakni Skakmate dan juga Subscriber yang menurut aku sangat tinggi. 

Menurut aku film ini unik sih, karena jarang-jarang ada Film yang melibatkan musisi beneran. ( Setau aku lho ya ?. )


yah, memang di Film ini ada Erik Soekamti , Sandi Pas Band  dan Tretanmoslem yang berperan sebagai Juri dalam sebuah audisi band SMA. 
Selain ada Erik Soekamti dan Sandi Pas Band dan Tretanmoslem di film ini juga banyak terlibat youtuber-youtuber lokal seperti Tutu Thomson yang menurut aku dia sangat natural banget aktingnya. terus ada juga RondWeasley yang juga anggota Jogjavidgram dan JogjaYoutuberNetwork dengan channel Kuperheronya. 
Nah selain itu ada lagi Indra Wijaya juga nih salah satu Youtuber Malang. Terus ada DevinaAurel wanita yang di taksir oleh Bayuskak. terus ada Glenca, Joshua Suherman, yudha keling dan masih banyak lagi. 

Time to Review



Okelah temen-teman sebelum berbicara lebih jauh lagi kemaren sehari sebelum launcing di jogja sebenarnya aku malah sudah nontin Film ini sih. dan menurut aku film ini sangat layak untuk ditonton. 

Dari segi cerita menurut aku Film ini sangat relate banget dengan kehidupan kita semasa SMA. 
ya walaupun tidak semua orang mengalami. akan tetapi mostly setiap remaja pernah mengalami apa yang disampaikan oleh bayu skak sebagi co Sutradaranya Film Yowesben
kalau dari segi pengambilan gambar ya sudah jelaslah ada GoenRock pasti istimewa dong Film yang dihasilkan. sudah ga usah diragukan lagi skillnya GoenRock men sebagi DOP. 
Di Film ini, mungkin hanya Om Fajar Nugros yang bisa ngebuat Mangkok Mie ayam Sebagai bahan lawakan sih. wkwkwkw ?.....

Kesan Setelah Nonton 

Oke, Setelah membicarakan Film ini panjang lebar mungkin hanya satu kata yang bisa ngewakilin dari gambaran diatas. yakni Awesome. sumpah good Job Bay ?.. 

Nah itulah mengapa menurut aku Film ini sangat menarik. Karena di Film ini tu Castnya campur-campur men. ada youtuber lokal youtuber nasional terus ada aktor TV, personel Band dan juga ada standup Komedianjuga. 


Related Posts:

Tabur Uang vs Tabur Bunga ?...


Setelah isu pelakor dan sawer by bu dendy viral di internet. Lalu beberapa hari yang lalu ada lagi yang menarik perhatian publik men : 
http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/02/28/dijuluki-anak-buah-bu-dendy-oleh-netizen-ternyata-inilah-si-penyebar-uang-di-jalanan-jakarta
Hadeh ?.. Masih belum selesai ya!... 

nah di podcast akhir pekan kali ini aku secara eksklusif akan ngebahas ini. episode lanjutan dari drama bu dendy yang kemaren sangat viral. tapi aku tidak akan ngebahas tentang bu dendynya soalnya privasi orang bung.


nah aku kepengen ngebahas kenapa semakin kesini orang semakin berfikir secara random dan tidak wajar gtu lho. 
Sebenarnya materi ini sudah aku bahas di epidode sebelumnya  di artikel 
Tamu pertama Di PodcastAkhirPekan #EPS 3
Di situ sebenarnya aku sudah ngebahas kenapa orang cenderung latah dalam melakukan sesuatu men. Cuman yang aku heran adalah kok bisa, latahnya sampai sejauh ini gitu lho. 

Memang sih Jika temen-temen memperhatikan ia menyebar uang itu diatas baliho lho. cukup cerdik dalam mengambil momentum. sampai-sampai netizen menjulukinya dengan istilah anak buah Bu dendy 
Okelah jika hanya sekedar untuk mengumpulkan massa ini menurut aku lumayan efektif men ?..
singkat dan gak perlu modal banyak memang iya. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah, apakah dengan melakukan hal ini kedepannya akan menghasilkan personal branding yang baik terhadap brand yang ia iklankan men.
karena menurut aku untuk ngebangun dan menjaga nama baik sebuah  brand itu bukanlah sesuatu hal yang mudah.
tapi yo monggo jika yang diinginkan memang seperti ini ya monggo. toh yang ngebuat video yang mirip-mirip seperti ini tuh banyak sih di youtube ?.. 



Related Posts:

Pengendara alay di indonesia

podcastakhirpekan

Kalau kita membicarakan pengendara di indonesia, ada banyak sekali tipe pengendaranya ?. 
Mulai dari yang biasa saja sampai yang aneh-aneh pun ada . 

Beberapa hari yan lalu di internet banyak beredar berita yang menurut aku aneh. karena ada seorang ibu-ibu yang kena tilang bukannya mengaku bersalah, namun malah memarahi dan mengigit tangan pak polisi yang sedang bertugas. 
seperti yang diberitakan di beberapa portal berita seperti : 
  1. Ibu Ini Marah-marah dan Gigit Tangan Polisi hingga Berdarah Saat Hendak Ditilang
  2. Mau Ditilang, Ibu Ini Justru Gigit Polisi yang Menilangnya

Ada apa dengan mentalitas masyarakat kita. kenapa hal seperti ini bisa sampai terjadi gtu ?.. Terkesan kurang etis saja. menurut aku yang lebih mengerikan lagi adalah fenomena yang sebenarnya sudah lama terjadi sih . 


Men bayangkan banyak sekali anak-anak dibawah umur yang sudah diajari berkedara oleh orang tuanya. mungkin, yang dimaksud ortunya adalah supaya si anak bisa disuruh beliin sabun atau apapun itu ke warung. Atau mungkin supaya bisa disuruh nganterin ibunya pergi belanja ke pasar men
Akan tetapi yang menjadi masalah adalah, ketika si ortu sedang tidak ada di rumah. namun ada motor dan kuncinya nganggur. Biasanya anak-anak yang seperti ini langsung saja gas untuk pergi bersama teman-teman mereka . dan terkadang mereka ini berbonceng bertiga dalam satu motor men ?.. 
Gila gak tuh !..  
nah gtu?.. gimana kalau si anak ini ketilang, terus gimana kalau anak-anak yang seperti ini kecelakan di tengah jalan raya yang super ramai kayak gini.  Sumpah men ?.... aku sama sekali gak bisa ngebayangin

gini men, bukankah kalau sampai hal-hal seperti kecelakaan itu sampai menimpa anak-anak yang seperti ini tu nantinya yang kena juga si ortu kan ?..
Maksudku adalah kenapa ortu-ortu yang demen ngajarin anaknya ini gak kepikiran sampai kesitu gtu lho ?.. 

kan yang rugi si ortu juga gan. gak bisa dapet keringanan asuransi jasa raharja atau apalah itu ?.. 

hehhhh ?.. 

Related Posts:

Tamu pertama di PodcastAkhirPekan #EPS 3



Dolan.my.id_Tamu-podcast-pertama
Pada episode awal bulan Maret 2018, PodcastAkhirPekan menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa, Sosok pecinta dakwah yang juga aktif di social media. terutama instagram men. Sosok tersebut adalah Dimmasaprin , Founder dari akun instagram @Dimassaprin ini  adalah seorang mahasiswa yang tinggal di kota jogjakarta

Sebenarnya materi-materi yang kita angkat kali ini tu berangkat dari keresahan pribadi cuy ?. 

Perkembangan konten di social media memang luar biasa cepat. Banyak orang yang ingin terkenal di social media. Nah karena itu banyak juga orang yang beramai-ramai ngebuat konten yang berpatokan dengan apa yang sedang viral. 


nah makanya disini kita kepengen ngebahas gimana sih sebaiknya kita bersikap ketika ada konten yang lagi viral ?.. 
Biasaya memang begitu sih. konten viral itu bisa memancing orang untuk clickbait. nah tinggal momen ini tu dimanfaatkan untuk yang positif atau neatif ?... itu aja sih. 
terima kasih kepada teman-teman yang sudah bersedia mampir di BLOG ini thanks !.... 

Related Posts:

Perkenalan Podcast Akhir pekan


Hallo teman-teman.....

Semakin kesini,makin banyak cara untuk mengemas sebuah konten.
menurutku sebuah konten bisa dikemas ke dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk audiovisual. 

Nah dulunya blog ini adalah sebuah media yang aku gunakan untuk belajar nulis men. Dan sudah beberapa kali berganti nama. Bahkan sampai sekarang pun aku masih menyempatkan diri untuk menulis di blog ini. 
yah walaupun sudah jarang nulis sih. tapi lama kelamaan kok rasanya kangen men !.  Untuk kedepannya aku juga kepengen ngebuat sebuah podcast wawancara seputar social media juga sih ?..  
Jadi aku putuskan akan ada rilis konten dalam bentuk podcast di blog ini teman-teman. 


Sebenarnya aku adalah penggemar adriano qalbi,gofar hilman,terus radio kajian bisnis dan appscoast.id yang mana mereka semua adalah podcaster-podcaster yang kontennya bagus banget. 
Dan dari situ aku kepengen belajar untuk berbicara panjang lebar di publik . nah salah satu metode ngobrol panjang secara online paling memunginkan adalah dengen podcast ini. 
Sebenarnya dengan video bisa sih, akan tetapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk upload nya. makanya jika aku ngebuat video durasinya sebisa mungkin singkat tapi banyak hal yang bisa kita sampaikan. 

Thanks sudah mau mampir ke BLOG ini ya teman-teman ?.. 

Related Posts:

ARSIP

Follow by Email

Playlist Youtube

Instagram

Facebook