Dolan.my.id adalah sebuah Blog yang bercerita tentang pengalaman Zainudin sebagai penulis dan Content Creator. Dalam Blog ini juga berisi tentang Trip,DailyVlog serta cerita TRIP perjalanan Wisata yang dikemas dalam bentuk Vlog.

Maen-maen ke candi abang?.














Beberapa waktu yang lalu saya sempat pergi ke sebuah lokasi tempat wisata yang cukup menarik?. Dari jauh tempat itu hanya terlihat seperti sebuah bukit. 
akan tetapi  yang membuat saya terkejut adalah ketika saya membaca tulisan yang ada di dekatnya?.. 
What?... ini bekas candi !...
Candi abang, itu merupakan tempat yang kemaren saya kunjungi?. Karena mencari temen namun ndak dapet ya akhirnya ya kesana sendiri sih ?.  
Huft emang sedih kalo maen Cuma sendiri tu ?...  Yah?... walaupun Cuma deket sih, tapi…..
Asik sih tempatnya dari puncak candi abang temen-temen bisa langsung melihat gunung merapi dan merbabu. Namun sayangnya ketika saya kesana eh malah tertutup sama pohon. Di sana juga sering dipakai untuk para hoby sepeda outbond. Tempatnya cukup luas untuk sebuah kegiatan sepedaan. Medannya juga lumayan menantang untuk bersepeda.

| Sunset

Tujuan awal saya maen kesana adalah untuk membuat video timelapse,
namun apa daya?..saya sampe disana sudah jam enam pas.
huft ?... matahari sudah sangat tinggi. jadi ya enaknya untuk jalan-jalan saja, mencari sesuatu yang unik dari candi abang?. 

Dari penelusuran saya pintu masuk ke candi abang ini ada 2.
Kalau aku tidak bingung ada pintu masuk yang dari timur, yang melewati jalan setapak yang lumayan panjang itu?.
Dan yang satu lagi adalah dengan naik dari sisi barat bukit candi abang?. 

| MITOS 

Candi Abang merupakan candi Hindu yang menurut perkiraan para ahli purbakala candi ini didirikan sekitar abad ke-9 dan ke-10. Hal ini menunjukkan Candi Abang didirikan pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno. Namun, dari hasil penelitian para ahli purbakala menyatakan bahwa situs candi ini diperkirakan memiliki usia yang lebih muda dibanding candi hindu – candi hindu yang lain. http://www.situscandi.com/candi-abang/
Pada saat ditemukannya kembali candi ini terdapat arca Siwa di dalamnya. Selain arca, juga ditemukan alas yoni sebagai lambang dewa Siwa. Pada candi-candi lain alas yoni dewa Siwa ditemukan berbentuk persegi empat, namun pada situs ini memiliki bentuk segi delapan dan memiliki ukuran 15 cm pad setiap sisi-sisinya. 
http://www.situscandi.com/candi-abang/

Candi ini sering dirusak dan digali secara liar oleh beberapa orang untuk kepentingan pribadi. Mereka berusaha mencari harta karun, harta peninggalan sejarah dan barang-barang berharga yang tersimpan pada situs ini. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa candi abang dahulu dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan harta karun pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Seperti yang terjadi pada kisaran bulan November 2002 yang lalu. 

Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini berupa bukit, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. 
http://www.situscandi.com/candi-abang/
Candi ini menjadi terkesan unik karena merupakan satu satunya candi di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah yang bahan baku bangunannya terbuat dari batu bata merah. Hal ini menjadi seperti tidak lazim karena candi candi berbahan baku batu bata merah biasanya ditemukan di daerah Jawa Timur pada zaman Pemerintahan Majapahit. Sedangkan candi candi di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah yang sebagian besar didirikan pada masa Pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno terbuat dari bahan baku batu andesit. http://www.situscandi.com/candi-abang/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Maen-maen ke candi abang?. "

Post a Comment

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel