Dolan.my.id adalah sebuah Blog yang bercerita tentang pengalaman Zainudin sebagai penulis dan Content Creator. Dalam Blog ini juga berisi tentang Trip,DailyVlog serta cerita TRIP perjalanan Wisata yang dikemas dalam bentuk Vlog.

Segitiga Exposure untuk Fotografi


Fotografi ?.Memang sekarang ini fotografi sudah menjadi hal yang sangat wajar, siapapun suda bisa melakukannya!. Sekarang ini Hp keluaran yang baru-baru ini sudah mempunyai kamera yang menyaingi DSLR.


Apa saja sih yang sebenarnya harus dipertimbangkan,  Jika ingin belajar fotografi?.


Memang sih dalam fotografi itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan misal :

“ Exposure / pencahayaan “. 

Fotografi merupakan seni melukis mengunakan Pencahayaan dan objek?.. Penting banget ! itulah kata yang mewakili dari sebuah pencahayaan di dalam fotografi. Cahaya masuk yang terlalu banyak akan mengakibatkan foto anda menjadi terlalu terang, sehingga hasilnya akan menjadi putih semua, atau minimal akan nenghasilka Flare. Namun, jika dalam keadaan minim cahaya, nantinya foto anda juga akan menjadi gelap.


Tergantung pada posisi pengambilan ganbar anda, itulah yang akan mempengaruhi hasilnya. Posisi obyek yang tidak terlaku banyak cahaya merupakan hal baik. Karena anda tidak akan terlalu banyak editing nantinya.


Nah Exposure sendiri mempunyai beberapa element penting. Biasanya  orang lebih mengenal dengan nama segitiga Exposure.

“ ISO .

Merupakan kepekaan sensor kaera anda terhadap cahaya. Nah makin tinggi nulai iso, maka fotoyang dihasilkan juga akan semakin terang.

Namun akan berimbas pada noise, jika iso yang anda gunakan terlalu tinggi. 
Secara umum pada handphone sekarang sudah mendukung nilai iso antara 100 sampai dengan 1600.

Fiture yang bagus untuk sebuah Hanphone. Untuk Android, jika anda adalah penggemar DSLR, anda bisa meggunakan aplikasi Camera FV-5.

Kenapa Camera FV-5 !. 

He he he, saya adalah salah satu pengguna aplikasi tersebut. Mirip banget dengan DSLR, itulah kesan yang pertama saat memakai aplikasi ini. Jika anda adalah pengguna DSLR, anda bisa memanfaatkan fitur manual ala DSLR yang ditawarkan oleh  Aplikasi ini.

“ Bukaan / APERTURE ..


penggunaan bukaan yang besar untuk menangkap detail gambarJika penggunaan iso yang berlebihan akan mengakibatkan noise, tentu agak sedikit berbeda yang yan satu ini. Bukaan atau APERTURE di dalam kamera merupakan cara terbaik untuk mengontrol banyaknya cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera. Lain halnya dengan iso, penggunaan F1.8 dan F22 akan memiliki haasil yang sangat berbeda pada bnayaknya cahaya yang masuk.Namun pada keduanya tidak menghaslikan noise.

Nah efek samping dari penggunaan F yang besar adalah , mungkin nantinya akan menghasilkan flare, atau backlight. Namun, flare yang tidak terlalu banyak dengan posisi yang tepat pada foto bisa menjadi pemanis tersendiri.

“ Shutter Speed .

Pada dasarnya shutter speed itu untuk mengatur lamanya bukaan diafragma kamera . Anda dapat mengatur kecepatan shutter speed kamera DSLR secara manual. Shutter speed yang lambat memungkinkan kita untuk mengambil gambar pada keadaan mininm cahaya.
Jadi jika anda kamera tidak bisa dalam kondisi yang diam, resiko obljek Blur anda harus tanggung.

Biasanya penggunaan shutter speed yang lambat merupakan pilihan terakhir jika memang iso dan bukaan F kamera anda sudah mentok?.



Penggabungan dari ketiga element Exposure ini akan bisa mmeberikan efek-efek yang sangat menarik pada hasil foto anda?. Banyak efek-efek seperti low light, flare,dll yang dapat dihasilkan dengan menggunakan kombinasi ketiga element tersebut

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Segitiga Exposure untuk Fotografi"

Post a Comment

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel