Dolan.my.id adalah sebuah Blog yang bercerita tentang pengalaman Zainudin sebagai penulis dan Content Creator. Dalam Blog ini juga berisi tentang Trip,DailyVlog serta cerita TRIP perjalanan Wisata yang dikemas dalam bentuk Vlog.

Cara mengatasi ERROR 404 di Wordpress


Hai sobat Blogger Pernahkah kalian menemukan Error 404 dalam sebuah web atau Blog. 

Jika agan / sista sedang search di google lalu saat masuk ke web malah mendapati Error 404 pastilah sangat emosi kan guys. 

yach memang benar sih sangat berpengaruh banget gan Error 404 itu bagi seuah web untuk mencapai rank yang baik dimata search engine.Terutama di mata simbah Google.

Error 404, Hmmm Apakah itu?

" Error 404, Hmmm Apakah itu?  

Error 404 itu menandakan bahwa file / folder yang diminta, tidak ditemukan didalam database pada suatu website atau blog. 

Cara Mengatasi Error 404 paling mudah adalah dengan di Redirect  ke homepage , jadi Ketika pengunjung Blog sobat menemui Error 404 Not Found maka Pengunjung akan secara otoatis di arahkan  ke Homepage.

So nantinya pengunjung bisa mencari ulang lewat halaman Homepage blog sobat.  jadi Pengunjung Blog sobat gak akan kecewa, karena dengan diredirect ke Homepage doi bisa mencari alternatif isi yang lain, dan mbah google juga tidak akan nge cap Crawl Error 404 Not Found di blog sobat.

Sedikit informasi tentang penjelasan Error yang lain

  • Error 401 : Unauthorized -> Status ini menyatakan bahwa pengunjung website tidak memiliki hak akses untuk folder yang diproteksi oleh password / kata kunci.

  • Error 403 : Forbidden -> status 403, pengunjung sama sekali tidak dapat mengakses ke folder tujuan. Status 403 muncul disebabkan oleh kesalahan pengaturan hak akses pada folder.

  • Error 406 : Not Acceptable -> Status 406 menyatakan bahwa permintaan dari browser tidak dapat dipenuhi oleh server.

  • Error 500 : Internal Server Error -> Status 500 menyatakan bahwa ada kesalahan konfigurasi pada akun hosting.

  • Error 509 : Bandwidth Limit Exceeded -> Status ini menyatakan Menyatakan bahwa penggunaan bandwidth pada account hosting sudah melebihi quota yang ditetapkan untuk akun hosting Sobat.

Hmmm lalu Gimana gan cara mengatasi Error 404 itu?....

Ada beberapa alternatif sich gan untuk Error 404.

  • Paling simpel sich ya memakai plugins search Link Juice Keeper. untuk menggunakan plugins ini agan cukup download disini. Lalu agan dan sista bisa langsung upload hasil downloadnya ke akun wordpress sobat dan agan bisa dengan mudah meredirect Error 404 ke homepage agan. Ini adalah cara termudah bagi Pendatang baru dalam blogging di wordpress.Akan tetapi jika agan terus mengandalkan plugins resikonya kinerja server agan akan semakin berat yang nantinya akan berimbas pada loading Blog semakin melambat.
  • Ada alternatif yang ke-2 yang agak repot sich. dan ini hanya diperuntukkan bagi wordpress yang sudah Self hosted. Jika agan tertarik untuk memilih cara yang ini, yang musti agan lakukan cukup login ke Cpanel sobat.  Setelah itu masuklah public_html/wp-content/themes/Themes agan/404.php. Nah kalo sudah ketemu silakan agan backup dulu dengan mengcopy file 404.php ke direktory yang sama, dengan nama Backup404.php.  Nah kalo sudah agan bisa ganti seluruh code yang ada di dalam file 404.php dengan code ini.( jangan lupa ganti "Location:http://gudegjogja.net/" dengan "Location:http://Domain Blog Agan/" )
  • <?php
    header("Status: 301 Moved Permanently");
    header("Location:http://gudegjogja.net/");
    ?>

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara mengatasi ERROR 404 di Wordpress"

  1. That is a really good tip especially to those
    fresh to the blogosphere. Simple but very accurate information… Thank you for sharing this one.
    A must read article!

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel